• SMK NEGERI 2 TEMANGGUNG
  • Be Smart And Creative !

Profil Teknik Komputer dan Jaringan

Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) merupakan salah satu program keahlian SMK yang bergerak di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurusan TKJ adalah suatu jurusan yang terdapat di SMK yang mempelajari seluk - beluk dunia komputer dan jaringan komputer, seperti cara instalasi Sistem Operasi, menangani masalah pada PC, memperbaiki PC, menangani jaringan, membuat WEB dan sebagainya.

Program keahlian ini bertujuan untuk membekali peserta didik dengan keterampilan dan pengetahuan tersebut agar kompeten sehingga mampu bekerja sebagai teknisi komputer maupun administrator jaringan di berbagai perusahaan, perkantoran, bank ataupun ISP.

Agar peserta didik kompeten di bidangnya, maka jurusan TKJ di SMK N 2 Temanggung telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mumpuni baik untuk penyediaan komputer maupun perangkat jaringan yang sudah disesuaikan dengan dunia kerja, seperti perangkat jaringan yang telah menggunakan Mikrotik.

Selain cisco, saat ini juga beredar perangkat jaringan yang sangat terkenal, yaitu Mikrotik. Mikrotik banyak digunakan pada jaringan skala kecil hingga skala menengah. Di Indonesia, mikrotik berkembang dengan sangat pesat. Hampir seluruh Internet Service Provider (Penyedia layanan internet) lokal menggunakan mikrotik sebagai perangkat jaringan utama. Selain itu, mikrotik juga banyak digunakan di perhotelan, perkantoran, jaringan sekolahan, dll.

Visi dan Misi Jurusan TKJ SMK N 2 Temanggung :

 

Visi :

Menghasilkan lulusan yang kompeten (Knowledge, Skill & Attitude) dalam bidang kerja industri

 

Misi :

  1. Menyelenggarakan sistem pembelajaran berbasis industri
  2. Menerapkan kurikulum berbasis SKKNI
  3. Menerapkan sistem pembelajaran yang mengutamakan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang kompeten sesuai bidang kerjanya
  4. Memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk mengembangkan kreatifitasnya sesuai dengan kompetensi yang dipilih dalam bidang telematika
Sebagai jembatan menuju penguasaan teknologi Informasi dan Komunikasi, materi produktif Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan di SMK negeri 2 Temanggung telah dirancang untuk selalu Up To date. Didukung oleh pengajar yang telah memenuhi Standar Kompetensi di bidang IT dan sarana/prasarana diatas rata-rata serta model pembelajaran berbasis  IT (media Online) siap mengantar anda menuju pintu gerbang zona digital.
 
 
Salah satu keunggulan TKJ adalah penggunaan E-Learning System sehingga mampu menyediakan sumber belajar yang tidak terbatas, sistem ujian online, penilaian transparan serta mendidik siswa untuk berfikir ilmiah dengan memperhatikan potensi masing-masing individu. Dengan dukungan fasilitas yang sangat luas (Setelah Pelajaran usai masih diperbolehkan praktikum sampai Sore).
 
 
TKJ sebagai motor penggerak semua fungsi infrastruktur IT di SMK Negeri 2 Temanggung juga memberikan ruang dan fasilitas yang baik bagi siswa yang memiliki minat di bidang Programming, Multimedia (Pengolahan Citra), Technical Support, Help Desk, Computer Network Maintanance serta Webmaster maupun Kemanan Jaringan Komputer.

Adapun Materi Unggulan yang diajarkan adalah :
  1. Perakitan Komputer dan Troubleshooting Komputer
    Materi ini mempelajari tentang prinsip dasar dan kerja dari peripheral / komponen komputer serta melakukan perakitan , instalasi sistem operasi , setting sistem operasi , instalasi software dan setting keamanan pada sistem operasi Windows , Linux. Target akhirnya adalah Siswa dapat secara mandiri melakukan perancangan sistem komputer yang tepat dan memperbaiki komputer secara handal.
  2. Jaringan Komputer
    Materi ini mempelajari prinsip dasar dan prinsip kerja jaringan komputer baik berbasis Kabel , nirkabel (WIFI) dan Fiber Optic. Materi ini juga mempelajari Instalasi Jaringan komputer skala kecil (LAN) Sedang (MAN) dan Besar(WAN) dengan berbasis Routing, VLAN, BRIDGING, SWITCHING. Target akhir diharapkan siswa menjadi teknisi / admin jaringan yang handal yang bisa melakukan perencanan, instalasi dan analisis jaringan komputer yang optimal.
  3. Pemrograman Aplikasi dan Web
    Materi ini mempelajari cara membuat program berbasis aplikasi dan berbasis Web sehingga siswa diharapkan mampu membuat website profesional secara mandiri atau melakukan modifikasi website. Fasilitasnya adalah Sekolah menyediakan Webhosting sendiri untuk bisa digunakan praktek pembuatan website.
  4. Belajar dasar-dasar ROBOTIKA
    Materi ini mempelajari tentang pemrograman elektronika untuk mengontrol alat-alat elektronika menggunakan program. Kami menyediakan Alat berupa Set Mikrocontroller ARDUINO dan Resberry pi untuk bisa mempraktekan berbagai kontrol elektronika. Siswa diharapkan bisa membuat perangkat ROBOT sederhana.
Berikut adalah Sarana dan prasarana Praktikum penunjang :
  1. Lab Komputer yang terdiri dari Lab Hardware / Bengkel TKJ , Lab Jaringan , Lab Pengelolaan Informasi dan Lab Multimedia
  2. Peralatan Praktikum pendukung yang sudah komplit dan mutakhir sesuai dengan perkembangan jaman. 
  3. Peralatan Praktikum jaringan LAN dengan didukung dengan Router terkini. 
  4. Peralatan Praktikum WAN / WIRELESS yang lengkap baik berbasis Indoor maupun Outdoor
  5. Internet akses Up to 200 Mbps di lingkungan Lab TKJ dan sekolah.
  6. Hosting Space gratis untuk seluruh siswa-siswi TKJ dan alumni sebagai pembelajaran pembuatan Website  Profesional menggunakan Server sendiri.
  7. Pembelajaran berbasis Digital / Ebook (http://bukudigital.smkn2temanggung.sch.id)
  8. Harddisk vrtual (http://skadadrive.smkn2temanggung.sch.id). 
  9. Webhosting Profesional (https://webhosting.smkn2temanggung.sch.id:8082/login/)
  10. Pustaka Online (https://pustaka.smkn2temanggung.sch.id)

 

 

 

 


TTD

 

Heri Setyawan, S.Si, S.Kom , M.Psi
KKK Teknik Komputer dan Jaringan

 

 

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Profil Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

Menyiapkan tenaga pelaksana di bidang Administrasi Perkantoran yang memiliki pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap sebagai manusia yang bertanggung jawab dan mecintai profesi peker

15/05/2020 06:10 WIB - Agung Sulistyo
Profil Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga

PROFIL KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 2 TEMANGGUNG   I.  VISI DAN MISI VISI : Teknisi Akuntansi yang Kompeten dan berwawasan Global.   MISI : -  

15/05/2020 06:02 WIB - Agung Sulistyo
Profil Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Menyiapkan tenaga pelaksana yang profesional dibidang Bisnis (dunia usaha), serta mengembangkan sikap kewirawausahaan.Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) program keahlian Pemasaran sebagai

15/05/2020 05:58 WIB - Agung Sulistyo
Profil Kompetensi Tata Boga

Tata boga adalah ilmu pengetahuan mengenai boga (seni mengolah masakan) yang meliputi persiapan pengolahan sampai dengan menghidangkan makanan itu sendiri yang bersifat tradisional

13/08/2019 05:14 WIB - Agung Sulistyo
STRUKTUR ORGANISASI PEJABAT SMKN 2 TEMANGGUNG

07/08/2019 10:07 WIB - Agung Sulistyo