• SMK NEGERI 2 TEMANGGUNG
  • Be Smart And Creative !

Mengenal Dasar Aplikasi Jaringan Komputer

Setelah anda mengetahui tentang definisi protokol dalam jaringan komputer berdasarkan penjelasan di subbab sebelumnya, kini akan dijelaskan mengenai jenis - jenis protokol yang terdapat di dalam jaringan komputer beserta dengan fungsinya masing-masing. 

 Perkembangan jaringan komputer dan perkembangan teknologi dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak, turut berperan dalam munculnya sejumlah protokol baru maupun versi baru dari suatu protokol. Hal ini cukup mendasar,mengingat semakin banyaknya aplikasi dan layanan yang dijalankan di jaringan komputer (terutama internet), yang mana memerlukan adanya protokol dan port. 

Berikut ini adalah adalah beberapa Aplikasi jaringan komputer  yang sudah umum ada di dalam implementasi jaringan komputer baik yang menggunakan TCP / UDP : 

 

 SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) 

SMTP adalah Aplikasi Jaringan Komputer yang biasa dipakai pada layanan kirim dan terima email dengan memanfaatkan jaringan komputer baik itu lokal maupun internet, mail server, serta aplikasi mail client atau langsung melalui aplikasi web browser. 

Aplikasi Jaringan SMTP biasanya bekerja dengan protokol lainnya dalam jaringan komputer pada saat menyediakan layanan surat elektronik, protokol yang bekerjasama adalah protokol IMAP,POP3(Post Office Protocol version 3) atau HTTP. 

SMTP membuka port 25 TCP untuk melakukan koneksi di dalam jaringan komputer SMTP bisa dikonfigurasi pada setiap aplikasi mail client . Biasanya setting SMTP pada mail client harus berisi lima hal yang utama yaitu : 

  1. Alamat email. Formatnya menggunakan nama member anda dirambahkan domain penyedia layanan email, dengan tanda @ untuk memisahkan keduanya. Sebagai contoh agungsulistyo@gmail.com yang berarti bahwa akun email yang dipakai adalah agungsulistyo dan domain penyedia mail ini adalah Gmail pada alamat mail.gmail.com. 
  2. Incoming Mail Server, berfungsi menggunakan protokol POP3, IMAP atau langsung menggunakan HTTP. Sebagai contoh : mail.gmail.com atau mail.google.co.id 
  3. Outgoing Server, menggunakan domain dari email kita. Sebagai contoh mail.google.co.id. Pengaturan ini juga biasanya diperlukan pada pengaturan mail Client anda. 
  4. Account Name, yaitu username atau akun yang anda gunakan pada e-mail anda. Sebagai contoh : agungsulstyo pada alamat email agungsulistyo@gmail.com merupakan akun Email 
  5. Password / Sandi. Biasanya demi alasan keamanan sistim, sandi akan digunakan dan terdiri dari minimal 6 buah gabungan dari angka dan huruf atau karakter yang dapat diganti secara berkala untuk menghindari aktifitas hacking. 

Kesimpulannya SMTP adalah protokol yang dipakai sebagai protokol yang memanajemen jalur traffik diantara server pada proses pengiriman dan penerimaan e-mail. Pekerjaan ini dilakukan oleh SMPT dengan memakai MTA (Mail Transfer Angent) baik pada sisi server (MTA server) ataupun pada sisi client (MTA client) Sedangkan menyangkut dengan pengiriman data e-mail dari Mailserver menuju Mailclient bisa memakai protokol POP3 ataupun IMAP4.

Kedua protokol tersebut juga berfungsi pada proses kirim dan terima e-mail. POP3 dan IMAP4 juga memerlukan bantuan dari SMTP. Kita abaikan beberapa permasalahan spam dan virus , sistem e-mail sendiri adalah sebuah aplikasi server yang bisa dikatakan sangat rumit. Sistem mail pada umumnya melibatkan beberapa aplikasi atau software yang melaksanakan fungsi atau tugas tertentu dari sistem e-mail. Beberapa fungsi yang jadi bagian server e-mail adalah MTA, MSA, MDA dan MUA. MTA , MSA dan MDA merupakan aplikasi server, sedangkan MUA adalah aplikasi client.

 

 POP3 (Post office Protocol) 

POP3 adalah aplikasi jaringan komputer yang berguna dalam membantu Kita pada layanan terima e-mail, Dan juga menerima e-mail dari mail server ke mail client. POP3 tidak bisa dapat berfungsi apabila SMTP tidak aktif . 

POP3 mempunyai sistim komunikasi dan proses kerja yang bersifat one direction. Ini bermakna bahwa POP3 mewajibkan proses dalam mengambil semua e-mail yang tersedia tanpa kecuali. dilain pihak sistim ini dapat membantu ketika kita memerlukan semua data email, tetapi disisi lainnnya kita memerlukan bandwidth internet besar dalam mengambil semua email tersebut.

POP3 dalam bekerja membuka  port 110 dalam dijaringan komputer. Untuk proses menjaga dari sisi keamanan, POP3 menggunakan bantuan Secure Socket Layer dan Top Level Security. Apabila di compare dengan POP1 dan POP2 (versi 1 dan 2 dari protokol POP), POP3 menyajikan fitur dan keamanan yang jauh aman dalam komunikasi online menggunakan elektronik (e-email).

IMAP (Internet Message Access Protocol) merupakan aplikasi jaringan komputer sama seperti POP3, yaitu membantu pada menerima e-mail dari mail server ke mail client. Yang paling utama membedakan diantara  IMAP dengan POP3 adalah pada protokol IMAP memberikan user beberapa solusi dalam memilih dan membaca e-mail yang diperlukan saja. Dan manfaat lainnya adalah user dapat melakukan pencarian, menghapus  terhadap e-mail yang diinginkan dan juga dapat  membuat folder/direktori dalam e-mail dan lain-lain.

IMAP juga lebih menggunakan layanan e-mail diperangkat Laptop, browser, dan perangkat terkoneksi jaringan lainnya, karena komunikasinya bersifat dua arah. dalam melakukan koneksi ke jaringan komputer, IMAP membuka port 143.

 

 FTP (File Transfer Protocol) 

FTP (file transfer protocol) merupakan aplikasi jaringan komputer yang umum digunakan di dalam jaringan komputer (intranet. internet) untuk proses transfer file antar komputer.

Proses transfer file ini dapat berupa pengambilan file dari komputer server ke komputer penerima dan pengopian(unggah) file dari komputer pengguna ke komputer tujuan (FTP Server).

FTP membuka port 21 untuk melakukan koneksi di dalam jaringan komputer. Protokol FTP sangat sederhana untuk digunakan, sebab hanya memerlukan otentikasi username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Pengguna dapat secara langsung memakai layanan FTP untuk transfer data tanpa perlu login.

Pengguna cukup menggunakan otentikasi anonymous login, yang mana dalam hal ini sistim otentikasi username dan password yang spesifik ke setiap pengguna.

Meskipun protokol dan layaan aplikasi FTP sudah tergolong tua sejak jaringan komputer dan internet dibuat, namun sampai saat ini masih sangat dan penting digunakan. Aplikasi FTP server dan FTP Client juga sangat banyak, apalagi jika menggunakan software opensource.

Demikian juga pada teknologi Cloud Computing yang menjadi salah satu teknologi jaringan komputer yang sedang banyak dipakai hari ini. Bila anda menggunakan aplikasi open source GFTP, anda bisa menambahkan ke repository dari distro Linux secara online maupun di unduh dari website.

 HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) 

HTTP adalah aplikasi jaringan komputer yang paling digunakan para pengguna jaringan komputer  / internet, khususnya bila mengakses alamat sebuah situs / website. Aplikasi Web merupakan aplikasi jaringan komputer yang paling banyak digunakan pada perangkat komputer.

Pada Jaringan komputer umumnya terdapat server dan client yang saling berkomunikasi, Server dapat melayani lebih dari client sekaligus.

 

Terkait dengan adanya komunikasi antara server dan client, maka protokol HTTP memiliki setidaknya tiga buah fngsi. Fungsi-fungsi ini berkaitan dengan aplikasi dan layanan berbasis web. Fungsi-fungsi tersebut antara lain adalah :

 

1. Membantu web server dalam melakukan tindakan terkait dengan permintaan client

2. Membantu aplikasi web browser untuk menyajikan data dan informasi yang dikirimkan oleh web server berdasarkan permintaan client.

3. Membantu dalam menerjemahkan pesan dan perintah yang berasal dari client ke server dan respon yang dikirimkan dari server ke client

 

Protokol HTTP memiliki dua buah metode utama di dalam layanan yang diberikannya kepada pengguna jaringan komputer. Kedua metode tersebut adalah POST dan GET.

 

Metode POST berfungsi untuk proses pengiriman data ke server, dengan melakukan penambahan, pengeditan dan pengubahan data di server. Metode GET dikhususkan untuk memperoleh data dan informasi dari server.

 

 HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) 

HTTPS adalah aplikasi jaringan komputer yang memiliki fungsi sama seperti HTTP hanya mempunyai perbedaan yaitu HTTPS memberikan jaminan keamanan yang lebih baik.

 

HTTPS

HTTPS dibuat oleh Netscape dengan fungsi kerja yang mendukung Protokol SSL (Secure Socket Layer) dan TLS ( Transport Layer Security) dan membuka port 443.

 

Apabila Anda memiliki layanan berbasis Web, termasuk juga Web Hosting anda dapat memilih menggunakan HTTP atau HTTPS.

 

Pada umumnya hampir semua layanan dunia berbasis web saat ini sudah beralih menggunakan HTTPS.

 

 ICMP (Internet Control Message Protocol) 

ICMP merupakan aplikasi jaringan komputer yang bertugas untuk memberitahukan kepada pengguna tentang adanya koneksi jaringan atau tidak. Terjangkau atau tidaknya sebuah komputer atau komputer server tujuan, serta kemungkinan adanya balasan dari server tujuan atau komputer tujuan tersebut. Berikut adalah contoh penggunaan ICMP dengan Ping

ICMP (Internet Control Message Protocol)

Contoh penggunaan ICMP dengan Ping

ICMP bekerja dengan cara mengirimkan ICMP Echo Request dan ICMP Echo Replay kepada pengguna komputer melalui perintah ping (Packet Internet Gopher). Perintah ping ke alamat tujuan ini dapat anda lakukan melalui aplikasi terminal di Linux atau pada Windows CMD pada Windows.

 

 

 PPP(Point to Point Protocol) 

PPP merupakan aplikasi  jaringan komputer yang umum dipakai pada Toplogi WAN(Wide Area Network) dan koneksi broadband pada USB versi terbaru (Memanfaatkan vendor GSM maupun CDMA). PPP mendukung pengalamatan IP(Internet Protocol) dinamis memanfaatkan DHCP(Dynamic Host Configuration Protocol), yang mana merupakan nilai lebih dari aplikasi PPP dibandingkan protokol pendahulunya yaitu SLIP(Serial Line Internet Protocol). PPP melakukan proses Encapsulation unit paket data yang menjamin keamanan data di dalamnya.

Diagram Bagan alur Aplikasi Jaringan PPP

 

 

 

 LDAP (Lightweight Directory Active Protocol) 

LDAP adalah aplikasi yang digunakan jaringan komputer yang berfungsi untuk membantu client  memanajemen sumber daya di jaringan komputer, penggunaan bersama sumber daya komputer di dalam jaringan komputer, membantu pada saat mencari data dan informasi, baik itu data dan informasi pengguna komputer, informasi mengenai server dan komputer atau node di jaringan, lokasi fisik dan terutamanya di lokasi layanan yang disebut dengan direktori service .

 

LDAP Process

Adapun directory service di LDAP diutamakannya guna seri x500. aplikasi LDAP bekerja dengan memakai sistim client server di biasanya. Pencarian directory service dapat dilakukan oleh aplikasi LDAP dengan menggunakan informasi dari direktori yang dimilikinya. Direktori informasi di aplikasi LDAP membuat hirarki layaknya sebuah pohon, sehingga memudahkan pencarian dari level tertinggi terbawah.

 

Satu atau lebih LDAP server memiliki data guna directory informasi dan juga database. Saat LDAP client terkoneksi ke LDAP server, maka LDAP client akan menanyakan tentang suatu lokasi komputer . LDAP server akan melakukan respon di pointer yang akan mengarahkan LDAP klien keddalam lokasi yang diminta atau LDAP server lain yang dapat mensinkronisasi dan membantu pencarian.

 

Ada banyak banyak cara guna menyediakan directory service serta tersedia banyak cara guna menyimpan informasi di direktori, hak akses, query, serta keamanan informasi didalamnya.

Di sistem operasi Linux, Anda dapat mencoba LDAP dengan membaca panduan di http://www.tldp.org/HOWTO/LDAP-HOWTO/. Sedangkan didalam dunia perangkat lunak, Anda dapat mencoba Open LDAP (http://www.openLDAP,org/)

 

 Telnet (Telecomunication Network)  

Telnet atau telecommunication network adalah protokol dan aplikasi  jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi, kendali dan konfigurasi komputer jarak jauh atau remote, bahkan pada beberapa kasus telnet juga dapat digunakan untuk menikmati layanan hiburan. Telnet menggunakan port 23 dalam menjalankan aksinya.

 

Sebagaimana pada sistem SSH, Telnet berfungsi membantu kita untuk kendali komputer jarak jauh atau remote management, baik untuk pengambilan dan pengiriman data file ataupun konfigurasi sistem. Ada satu hal penting yang menjadi kekurangan telnet adalah kesederhanaan sistemnya, sehingga tidak ada enkripsi terhadap akun yang kita gunakan saat login ke dalam sistem .

 

Beda dengan SSH, di mana proses login ke mesin remote dilakukan proses enkripsi sehingga menjadi lebih aman terutama untuk jenis serangan MITM atau man in the middle. seiring dengan perkembangan teknologi, protokol telnet pun juga Mulai dikembangkan menjadi salah satu bentuk layanan multimedia jaringan . misalkan saja untuk menonton film secara online. tentu saja dengan keterbatasan protokol telnet film animasi yang disajikan dalam bentuk ASCII.

 

 SSH (secure socket Host) 

SSH merupakan protokol dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk membantu pengguna komputer di dalam bertukar data, transfer data, serta mengendalikan komputer jarak jauh secara lebih aman. SSH menyajikan keamanan yang lebih baik dibandingkan protokol telnet dan FTP. Di dalam terjadi proses enkripsi, autorisasi dan autentikasi.

 

SSH Connection

Sebagaimana pada protokol SSL atau secure socket layer,  SSH menjanjikan keamanan pada jaringan komputer terutama pada kasus serangan MITM. SSH membuka port 22 untuk koneksi jaringan komputer. pada aplikasi protokol SSH ada SSH server , SSH client dan SSH user. SSH server adalah device yang akan dieksekusi / dikendalikan jarak jauh termasuk  untuk proses tukar dan transfer data.

SSH client adalah client yang menggunakan aplikasi jaringan SSH untuk melakukan otentikasi dan remote ke komputer yang menjadi SSH server.

 

Baik SSH server dan SSH client, keduanya digunakan kedalam aplikasi. Pada sistem operasi Linux anda dapat menggunakan SSH server dan SSH client secara mudah karena tersedia secara default maupun melalui repository. SSH dapat digunakan pada jaringan publik atau internet maupun jaringan privat atau intranet,  baik menggunakan kabel maupun menggunakan internet wireless. akses user merupakan pengguna yang melakukan kendali ke SSH server melalui SSH client.

 

 SSL (secure socket layer) 

SSL merupakan protokol di dalam jaringan komputer yang diandalkan untuk proses enkripsi dari data yang dipertukarkan di dalam jaringan. adanya enkripsi ini berfungsi untuk meningkatkan keamanan pengguna komputer di dalam jaringan komputer dan mencegah adanya MITM Attack.

 

Pada koneksi di jaringan komputer, SSL atau secure socket layer menggunakan port 443. SSL atau secure socket layer banyak sekali diterapkan pada keamanan aplikasi berbasis web. Sebagai contoh, pada e-banking atau mobile banking atau login di halaman web serta beragam layanan aplikasi jaringan end-to-end.

 

Pada beragam aplikasi web server saat ini, protokol SSL sudah disertakan secara langsung. Hal ini untuk menjamin proses komunikasi dan aktivitas browsing Anda aman dan nyaman. SSL akan dibahas lebih lanjut pada bab selanjutnya.

 

 ARP (address resolution Protocol) 

ARP merupakan protokol di dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan antara pengalamatan secara fisik dan pengalamatan secara jaringan pada suatu komputer yang terhubung ke dalam jaringan komputer.

 

pengalamatan fisik adalah proses yang diberikan secara unik oleh setiap pabrikan perangkat keras berupa  MAC address / medium access control.  pengalamatan ini beserta dengan protokol ARP / address resolution Protocol terletak di data link layer. sedangkan pengalamatan secara jaringan berbasiskan internet Protocol disebut dengan IP address. Pengalamatan ini ada di di network layer.

 

Pada sistem operasi Linux, Anda dapat dengan mudah menggunakan perintah ARP pada terminal untuk mengetahui lebih lanjut dari protokol ini. cukup dengan mengetikkan perintah ARP di terminal Linux Anda, maka anda akan disajikan sejumlah informasi yang memuat nama perangkat keras jaringan anda serta alamat jaringan anda.

 

Sumber : Buku Handbook Jaringan Komputer.

 

 

Komentar

Tulisan / artikelnya bagus, semoga bermanfaat. Kunjugi juga website saya karena artikel yang menarik lainnya juga. terima kasih

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Mengenal Dan Karakteristik MetaRouter pada Mikrotik

RouterOS adalah sistem operasi dari router mikrotik sudah memiliki support dalam menerapkan sistem virtualisasi. Baik itu penerapan virtualisasi router maupun virtualisasi topologi

10/03/2020 18:22 WIB - Agung Sulistyo